Welcome to Geo Revival

RPP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)

Nama Sekolah                         : SMA Muhammadiyah 07 Surakarta
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/Semester                        : XI (sebelas)/2(dua)
Standar Kompetensi               : 1. Menganalisis fenomena biosfer dan antroposfer
Kompetensi Dasar                   : 1.1. Menjelaskan pengertian fenomena biosfer
Indikator Pencapaian Kompetensi: - Mengidentifikasi faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keberadaan flora
                                                          - Menganalisis dan memberi contoh manfaat flora bagi kehidupan
Alokasi Waktu                        : 1 x 15 menit


A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-          Mengidentifikasikan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keberadaan flora
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§   Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, kreatif & inovatif,

B.     Materi Pembelajaran
Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keberadaan flora dan fauna
-          Faktor iklim
-          Faktor fisiografi
-          Faktor sejarah geologi
-          Pemanfaatan flora di indonesia


C.    Metode Pembelajaran
Diskusi, tanya jawab(kuis), penugasan

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·   Menjelaskan pengertian fenomena biosfer
·   Secara berkelompok, mendiskusikan faktor-faktor  yang berpengaruh terhadap keberadaan flora dan  kemudian presentasi
·   Siswa dapat mendiskusikan faktor-faktor  yang berpengaruh terhadap keberadaan flora



D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

1.                Kegiatan Pendahuluan:
·           Memberi salam dan mengabsen
·           Apersepsi materi
2.                Kegiatan Inti:
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·           Siswa mengidentifikasi materi secara berkelompok mengenai faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keberadaan flora. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,:
·           Siswa mendiskusikan mengenai faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keberadaan flora dan pemanfaatannya. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
·           Bersama-sama membuat kesimpulan hasil kuis dan diskusi. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui dari materi tentang persebaran flora (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui dari materi persebaran flora. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
3.                Kegiatan Penutup:
·         Memberi kesempatan siswa bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Penugasan: siswa secara kelompok mengumpulkan video mengenai flora di muka bumi. video tersebut akan ditonton pada pertemuan berikutnya. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)

E.     Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Buku sumber Geografi SMA
-          Buku-buku penunjang yang relevan  
-          LCD Proyektor
-          Internet


F.     Penilaian

Jenis tagihan                :Unjuk kerja
Bentuk tagihan            :Diskusi
Bahan diskusi              :Diskusikanlah faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keberadaan flora!

Kuis :
1.Sebutkan faktor-faktor persebaran flora !
2.Perhatikan pernyataan berikut :
a). Terdapat di daerah tropis
b).Tumbuhanya didominasi tumbuhan xerofit
c). Tumbuhannya hidup berjauhan
Dari pernyataan diatas merupakan cirri-ciri bioma…?
3.Sebutkan hal-hal yang dapat merusak kelestarian flora !







  • Rubrik Penilaian Diskusi Kelompok
Hari/Tanggal               : ……………………………………………………..
Topik diskusi               : ……………………………………………………..
Nama Siswa                : .................................................................................

Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
(Alasan)
Kemampuan mengidentifikasi masalah




Kemampuan merumuskan masalah




Kemampuan menganalisis masalah




Kemampuan memecahkan masalah




Kerja sama dalam kelompok




Partisipasi dalam diskusi




Kemampuan mengemukakan pendapat dan menghargai pendapat orang lain




Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam diskusi




Nilai rata-rata




Komentar



Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55



Mengetahui,                                                                …………., ……………………..
Kepala Sekolah……………..                                     Guru Geografi




____________________________                            _________________________
NIP/NIK.                                                                    NIP/NIK.




0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes