Welcome to Geo Revival

Lembar Kerja Siswa (LKS)

Lembar kerja Siswa (LKS) Manajemen Bencana Banjir


Materi : 

Banjir merupakan kondisi dimana air sungai meluap dan menyebabkan area di sekitar sungai terendam luapan air sungai,hal ini disebabkan oleh pendangkalan air sungai akibat sampah yang menumpuk serta sedimen dari hulu sungai menumpuk,sedimen ini dikarenakan minimnya vegetasi penahan  run off saat hujan terjadi,sehingga tanah permukaan tergerus run off dengan mudah lalu masuk ke aliran sungai dan menjadi tumpukan sedimen dalam jangka waktu yang lama.

Banjir selama ini menjadi bencana langganan bencana di beberapa daerah di indonesia seperti DKI Jakarta,Solo,Semarang,Demak,Medan,dsb.Banjir di kota-kota besar ini rata-rata disebabkan oleh masalah yang sama yaitu perubahan penggunaan lahan di hulu sungai dan manajemen sampah yang buruk sehingga menimbulkan masalah yang sama setiap tahun,oleh karena itu untuk meminimalisir dampak banjir harus dilakukan rencana-rencana aksi untuk mengatasi masalah-masalah tersebut.Rencana aksi ini harus dilakukan mulai dari diri kita sendiri dan partisipasi pihak-pihak yang memang berkompeten dalam penanggulangan banjir serta yang tidak kalah penting adalah partisipasi dari masyarakat,karena masyarakat merupakan aktor utama dalam peanggulangan bencana banjir.

Tujuan :
  • Siswa mampu memahami pengertian banjir dan dampaknya terhadap manusia
  • Siswa mampu mengidentifikasi faktor-faktor penyebab banjir
  • Siswa mampu melakukan aksi nyata dalam penanggulangan banjir
Alat dan Bahan :
  • Kamera pocket
  • Pengeruk sampah
  • Jaring pengikat sampah
  • Tempat sampah
  • Alat tulis
  • Bibit pohon
  • Cangkul
Metode :

Aksi kali ini akan menggunakan metode observasi dan act now,dengan menggunakan metode ini diharapkan peserta didik mampu memahami permasalahan banjir dan mampu beraksi untuk berusaha meminimalisir dampak yang akan terjadi dari bencana banjir.

Proses :
  • Siswa diajak ke sungai yang berpotensi banjir saat musim hujan
  • Siswa dibagi ke dalam beberapa kelompok
  • Tiap-tiap kelompok diarahkan untuk berdiskusi  mengidentifikasi keadaan sungai tersebut
  • Tiap-Tiap kelompok maju untuk menuangkan hasil diskusinya disertai solusi dari keadaan sungai yang ada
  • Setelah presentasi guru menerangkan apa yang perlu dibenahi dari diskusi tersebut dan mengarahkan untuk beraksi nyata berdasarkan hasil diskusi
  • Siswa bersama guru bergotong-royong memungut sampah yang ada disekitar sungai menggukana alat pengeruk sampah dan jaring pengikat sampah
  • Setelah selesai sampah ditaruh di tempat sampah yang tersedia
  • Siswa bersama guru membuat lubang-lubang kecil untuk ditanami bibit pohon
Waktu :

Kegiatan ini dilakukan 2 x 45 menit

Evaluasi :

Lembar Soal :
  • Apa yang kalian ketahui tentang banjir ? dan apa dampaknya bagi manusia ?
  • Dari hasil kegiatan lapangan,coba kalian jelaskan keadaan sungai yang telah kalian amati !
  • Setelah kalian beraksi apa solusi yang kalian tawarkan untuk menanggulangi banjir !

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes